Pesona Eksotis di Barat Daya Maluku

Tiakur adalah ibukota Kabupaten Maluku Barat Daya Provinsi Maluku. Secara administratif, kota ini terletak pesisir barat Pulau Moa, Kabupaten Leti Moa Lakor. Wilayah Tiakur terletak di kecamatan Moa Lakor yang meliputi desa Wakarleli dan sebagian kecil desa Kaiwatu. Tiakur mulai disiapkan sebagai wilayah perkotaan sejak 4 November 2008 dengan ditandai peletakan batu pertama dan kemudian diresmikan pada 26 November 2012 (sumber : Wikipedia).

Terdapat beberapa destinasi wisata yang menarik dan wajib untuk dikunjungi yang antara lainnya Gunung Kerbau, Pantai Tiakur, dan Pulau Leti. Pulau Leti adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Timor. Pulau ini berada di daerah  perbatasan wilayah Provinsi Maluku dengan wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Negara Timor Leste. Pulau Leti merupakan bagian dari wilayah Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya, Maluku.

Pulau Leti mungkin satu dari sekian pulau di Indonesia yang memiliki fasilitas sangat minimal. Ketika Anda berkunjung ke Pulau Leti, jangan berharap akan menjumpai hotel dengan segala fasilitas lengkapnya. Yang ada di pulau ini hanya sebuah penginapan sederhana yang kosong dan sudah tidak dikelola oleh pemiliknya. Rumah makan pun tidak dijumpai di sana. Jaringan komunikasi sangat terbatas, karena hanya sebagian kecil wilayah Pulau Leti yang bisa mendapatkan jaringan komunikasi. Jaringan komunikasi yang ada hanya ada pada sisi timur Pulau Leti (pantai dan bukit) yang berhadapan langsung dengan pulau di seberang laut, yaitu Pulau Moa, karena jaringan komunikasi yang ada hanya di Pulau Moa.

Destinasi selanjutnya yaitu Gunung Kerbau yang terletak di Pulau Moa, Kabupaten Maluku Barat Daya. Gunung Kerbau terlihat berbeda dibanding gunung lain pada umumnya. Jika biasanya gunung lain terlihat rimbun dan hijau, Gunung Kerbau hanya ditumbuhi rumput pendek sehingga terlihat gundul dan membuat lengkungan-lengkungan yang ada pada Gunung Kerbau menjadi terlihat jelas. Dari kejauhan, Gunung Kerbau tampak megah dan indah. Hal inilah yang kemudian menjadikan Gunung Kerbau sebagai salah satu destinasi wisata yang menarik bagi wisatawan. Ditambah, banyak kerbau yang memang hidup disekitarnya sehingga menambah kekhasan dari Gunung Kerbau ini.

Selama perjalanan wisata kali ini tentunya kami ingin mencoba salah satu penginapan yang sangat terkenal di Tiakur yang pernah disinggahi oleh orang nomor 1 di Indonesia yaitu Pak Presiden Joko Widodo. Kami menginap di Hotel Tiakur Beach Inn yang menyajikan pesona indah Pantai Tiakur. Pantai Tiakur terletak di pusat kota Tiakur, Pulau Moa, Kabupaten Maluku Barat Daya. Dengan jarak yang dekat dari kota, pantai ini mudah diakses dengan kendaraan roda dua maupun empat. Selain itu, pantai ini memiliki keasrian tersendiri khas eksotisme pantai di Indonesia Timur. Disini, terdapat beberapa sarana dan fasilitas pendukung seperti tempat parkir, tempat duduk, serta toilet umum. Di salah satu sisi pantai ini terdapat tebing yang menjulang tinggi dan hamparan laut yang terlihat indah, sehingga dapat dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk mengabadikan keindahan alam Maluku Barat Daya.

 

Foto & Narasi : Marthony Mandra

Lokasi: